Essai beasiswa STKS bandung

Aku dan Impianku

Nama saya Nella Kurnia Anggrahini. Saya adalah salah seorang mahasiswi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang berasal dari Lampung. Sedikit bercerita tentang pengalaman saya sebelum akhirnya saya sampai di STKS Bandung ini. Ayah saya berprofesi sebagai seorang Guru di sebuah Sekolah Dasar, sementara ibu saya adalah seorang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Saya memiliki seorang saudara kembar yang saat ini juga sedang menempuh pendidikan disalah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Ibu saya mulai aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial sejak saya masih berada di bangku Sekolah Dasar. Pada saat itu Ibu saya aktif sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Karena seringnya melihat berbagai aktifitas ibu saya dibidang sosial, dan sering adanya kunjungan dari Dinas Sosial ke desa saya, pada akhirnya hal tersebutlah yang membuat saya tertarik untuk menekuni bidang sosial. Keinginan itu muncul ketika saya berada di bangku SMP. ketika memasuki jenjang pendidikan di SMA, saya memilih untuk masuk di kelas  Ilmu sosial. Sejak saat itu saya  banyak mencari informasi mengenai berbagai jurusan di Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Kedinasan yang berkaitan dengan ilmu sosial, hingga akhirnya saya menemukan informasi mengenai Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. Dengan berbekal kemauan yang kuat dan ilmu pengetahuan yang saya miliki akhirnya saya berhasil lulus dan menjadi mahasiswi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung angkatan tahun 2012.

Saya menyadari bahwa untuk bisa terjun dibidang ilmu sosial saya harus memiliki kemampuan bersosialisasi dan berorganisasi yang baik. Oleh karena itu, saya aktif dalam kegiatan dan organisasi sebagai media pembelajaran untuk mengupgrade dan mengembangkan diri. Saya mulai aktif dalam kegiatan organisasi sejak SMA. Pada saat itu, saya aktif disebuah organisasi bernama Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan diamanahi menjadi ketua KIR periode 2010/2011. Selama periode tersebut, kegiatan KIR lebih mengarah pada bidang penelitian dan kewirausahaan. Kami melakukan penelitian dan eksperimen sampai memperoleh hasil yang kemudian kami kembangkan menjadi produk yang memiliki nilai jual. Selama periode tersebut, KIR aktif mengikuti perlombaan-perlombaan ilmiah dan pernah berhasil memperoleh juara 1 Lomba “Pesawat Hidrolik Sederhana” tingkat Provinsi Lampung. KIR juga aktif dalam kegiatan sosial seperti melakukan kunjungan-kunjungan dan bakti sosial ke panti asuhan dan anak jalanan.

Ketika memasuki jenjang pendidikan di STKS Bandung, kegiatan keorganisasian saya lanjutkan dengan turut aktif dalam kegiatan-kegiatan dan organisasi yang ada, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Saat ini saya mendapat amanah sebagai Bendahara diorganisasi Keluarga Mahasiswa Muslim (KMM) STKS Bandung periode 2012/2013. Selain itu, saya juga aktif sebagai Anggota Muda diSatuan Bakti Sosial Mahasiswa (SBSM). Diluar kampus, saya mendapat amanah sebagai Bendahara diorganisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat STKS dan sebagai anggota fungsional dari Development Indonesia di Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI). Ketika memasuki semester 2, pada bulan April 2013 saya bersama beberapa teman sesama mahasiswa STKS mulai merintis sebuah komunitas yang kami beri nama KOMITE (Komunitas Mahasiswa Therapy). Komunitas ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi saya dan mahasiswa-mahasiswa STKS yang ingin belajar dan mengasah kemampuannya pada bidang hypnotherapy khususnya therapy psikososial. Selain itu, saya juga bergabung sebagai volunteer peduli sosial dan pendampingan belajar anak di sebuah Rumah Perlindungan Sosial Asuhan Anak (RPSAA) Wisma Putera di jalan Cimbuleuit, Bandung.

Meskipun aktif di berbagai kegiatan non akademik, namun hal ini tidak menjadi sebuah halangan bagi kewajiban utama saya yaitu belajar dan mengejar prestasi yang baik di bidang akademik.  Hal ini dapat dilihat dari hasil studi saya dengan memperoleh IPK diatas 3,5 pada semester 1 dan semester 2 yaitu 3,76. Justru kegiatan-kegiatan tersebut menjadi sarana bagi saya untuk belajar dalam mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dari kuliah dan memperluas wawasan serta mengasah kemampuan saya dibidang praktik pekerjaan sosial sebelum terjun ke dunia kerja nantinya. Semua yang saya dapatkan saat ini tidak terlepas atas dukungan dan bantuan dari orang tua, keluarga, dosen, dan teman-teman.

Dalam kesempatan ini, apabila saya memperoleh beasiswa dari STKS Bandung, tentunya akan lebih memotivasi saya dalam meningkatkan prestasi baik dibidang akademik maupun dibidang non akademik. Dan Insya’allah akan saya pergunakan secara efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan prestasi dalam belajar dan berorganisasi. Dengan Beasiswa tersebut tentunya akan lebih meringankan beban orang tua saya dalam membiayai biaya kuliah. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada semua civitas akademika STKS Bandung yang telah membantu saya.

Demikian esai ini saya buat dengan sebenarnya. Terimakasih.

2 pemikiran pada “Essai beasiswa STKS bandung

Tinggalkan Balasan

