Future Leaders Summit 2014

Future Leader Summit 2014
Youth Contribute

oleh : Nella Kurnia Anggrahini

10313948_799559716735325_9163383674986173059_n

Hai… namaku Nella Kurnia Anggrahini, kali ini aku ingin berbagi cerita dan pengalamanku selama mengikuti FLS2014. FLS2014 adalah singkatan dari Future Leader Summit 2014 yang merupakan forum kepemudaan nasional yang diadakan oleh Organisasi Nusantara Muda Semarang. Untuk dapat mengikuti acara di FLS ini kami harus mengikuti seleksi terlebih dahulu dan harus mengalahkan ribuan peserta seleksi dari seluruh Indonesia. Seleksi yang dilaksanakan yaitu seleksi melalui tulisan dengan mengisi formulir aplikasi yang didalammnya berisi tentang data diri, pengalaman dibidang sosial, keorganisasian yang diikuti dan juga essay yang harus diisi. Dan Alhamdulillah saya lolos dalam proses seleksi dan berhasil menjadi salah seorang delegasi dari 240 delegasi pemuda seIndonesia.

FLS menyediakan atau mengelompokkan para delegasi kedalam enam room/ bidang yaitu Lingkungan, Pendidikan, HAM, Kesenian, Informatika dan Teknologi (IT), serta Pengembangan Bisnis. 240 Delegasi tersebar kedalam 6 room tersebut yang masing-masing room memiliki 40 delegasi. Proses pengelompokan ini dilakukan bersamaan dengan proses pengisian formulir aplikasi yang dipilih sendiri oleh calon peserta sesuai dengan minat dan passion masing-masing individu. Dalam kegiatan ini saya masuk dalam room pengembangan bisnis.

Dalam prosesnya, kegiatan ini diisi dengan berbagai rangkaian acara yaitu discovery session, welcoming session,sharing session, room summit session, idea project, youth night dan grand summit. Discovery session dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2014 di Balai Kota Semarang. Dalam discovery session ini para delegasi diminta untuk berdiskusi mengungkapakan permasalahan yang ada di daerah sesuai dengan isu atau bidangnya. Kami dibuat berkelompok sesuai dengan asal daerah masing-masing dan karena saya berasal dari lampung, maka saya masuk dalam kelompok sumatera. Begitu banyak dan kompleksnya permasalahan dalam bidang pengembangan bisnis di pulau sumatera yang kami ungkapkan sehingga kami terpilih untuk mewakili bidang pengembangan bisnis dalam mempresentasikan permasalahan seputar dunia pengembangan bisnis.

IMG_20140516_1617201400462847550

Discovery session : Delegasi Pengembangan Bisnis dari Tim Sumatera di Balai Kota Semarang

Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan acara welcoming session. Kami semua berpindah tempat dari balai kota semarang menuju alun-alun kota semarang. dalam sesi ini kami diberi sambutan oleh wali kota semarang dan setelah itu disuguhi dengan berbagai penampilan seni dan kebudayaan khas semarang, serta berbagai macam makanan khas semarang.

Keesokan harinya tepatnya pada tanggal 17 mei 2014 kami melanjutkan rangkaian acara berikutnya yaitu sharing session dan room summit session. Dalam kegiatan kali ini kami melakukan perjalanan mengunjungi rumah inspirasi sesuai dengan room masing-masing. Di room pengembangan bisnis, kami berkeliling mengunjungi jaringan rumah usaha.

IMG_20140517_080501Room summit session: Delegasi Room Pengembangan Bisnis Sebelum Melakukan Perjalanan ke Rumah Inspirasi Jaringan Rumah Usaha Semarang.

Setelah berkeliling mengunjungi jaringan rumah usaha, acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak Singgih yang merupakan pembuat sepeda dan radio dari bambu dan Ibu Adinindiyah yaitu seorang penggagas “House Of Lawe Lurik”. Saya benar-benar salut dan kagum dengan kontribusi yang telah mereka berikan dimasyarakat. Mereka telah melakukan gerakan perubahan bagi masyarakat. Sayapun menjadi sangat terinspirasi dan termotivasi untuk bisa melakukan gerakan perubahan di masyarakat seperti mereka.

Usai pemberian materi, acara dilanjutkan dengan idea project mengenai pemecahan masalah dan upaya yang akan kami lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan apa yang telah diungkapakan dalam discovery session.

IMG_20140519_091502

Room Summit Session : Foto bersama Ibu Adinindiyah pendiri “House Of Lawe Lurik” di Rumah Inspirasi.

Malam harinya adalah acara youth night yang dilaksanakan di Hotel Grand Candi Semarang. Pada malam ini kami diberikan kesempatan untuk berkenalan dan bertukar stiker dengan delegasi dari room lainnya. saya memanfaatkan momen ini untuk berkumpul bersama teman-teman group in group. Meskipun kami berasal dari kota yang berbeda tapi kami merasa sudah sangat dekat. Group in group bagiku adalah sahabat baru tapi terkesan telah saling mengenal sejak lama. Kami adalah sekelompok orang yang pertama kali datang di acara FLS sehari sebelum kegiatan dilaksanakan. Kami bertemu di penginapan kami yaitu di BP DIKJUR. Banyak momen-momen kebersamaan yang kami lakukan selama berada di FLS. Group in Group terdiri dari 8 orang yaitu ada Daniel, Rizal, Deny, Reza, Sukma, Fenny, Teh Dinda, dan tentu saja aku. Berikut ini adalah momen-momen kebersamaan kami :

 IMG_20140515_231956

Group In Group di depan Lawang Sewu Semarang.

Aku pernah memiliki keinginan untuk bisa berfoto di lawang sewu, mimpi itu aku tuliskan dan aku tempel di dinding kamar, dan kini keinginanku itu terwujud bersama mereka teman-teman baruku dengan memanfaatkan momen FLS ini. Dari sini aku semakin yakin dengan kekuatan kata-kata dan kekuatan impian. Satu kesimpulan baru yang dapat aku petik yaitu “Bermimpilah sebanyak-banyaknya dan setinggi mungkin, sebab Allah punya banyak cara untuk membantu kita mewujudkan mimpi itu. Dan tentu saja kita harus berusaha dan berdo’a”.

IMG_20140516_182858

Group in group di depan Balai Kota Semarang, setelah discovery session.

IMG_20140526_095709

Group in Group Saat Youth Night

IMG_20140515_231046 IMG_20140519_064005

Selfie

IMG_20140519_063152IMG_20140519_220948

Dan momen terakhir kami saat Grand Summit di Oak Tree Hotel Semarang.

Kegiatan terakhir adalah acara Grand Summit di Oak Tree Hotel. Grand summit merupakan puncak acara yang didalamnya berisi seminar dan motivasi. Pembicara dalam acara ini adalah Bapak Hendry Santriago yang merupakan seorang professional yang saat ini bekerja sebagai CEO dari GE Indonesia (General Electric Indonesia), salah satu perusahaan multinasional tertua dan terbesar di dunia yang didirikan oleh Thomas Alva Edison. Beliau telah bekerja lebih dari 15 tahun di perusahaan tersebut dan menjalani berbagai tanggung jawab di dalam dan di luar negeri. Bapak Hendry Santiago sangat menginspirasi dan memberikan motivasi yang luar biasa bagi kami. Beliau melewati hidup yang tak mudah. Terkena kanker kelenjar getah bening pada usia 17 tahun yang membuatnya harus hidup dengan kursi roda sejak tahun 1987. Meskipun dengan kondisi fisik yang demikian beliau tidak membiarkan dirinya larut dalam mimpi buruk yang berkepanjangan. Beliau percaya bahwa tiap orang memiliki tanggung jawab untuk bisa bermanfaat pada orang lain. Konsep inilah yang terus dibawa sampai beliau menjadi CEO saat ini. Bagi beliau, “the job of a leader is to create another leaders”. Sangat luar biasa dan mengharukan. Bapak Hendry santriago percaya bahwa tugas utama seorang pemimpin adalah melahirkan pemimpin-pemimpin lain.
Aku bersyukur karena telah berkesempatan mengikuti acara ini yang telah mempertemukan dan memperkenalkan saya pada pemuda-pemuda luar biasa calon pemimpin masa depan Indonesia.

1400384060133Saatnya pemuda berkontribusi untuk bangsa. Salam FLS 2014 #YouthContribute

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s