TESTIMONI NCYIP

Testimoni National Conference 2016

Oleh : Nella Kurnia Anggrahini

IMG_20160610_185648

Perkenalkan nama saya Nella Kurnia Anggrahini, saya merupakan salah satu peserta National Conference YIPC 2016 yang berasal dari Bandung. Ini merupakan kali kedua saya mengikuti National Conference sejak bergabung dengan YIPC pada Peace Camp bulan Mei 2014. National Conference yang pertama yang saya ikuti adalah National Conference 2015 yang mengangkat tema tentang “Firman-Mu Terang Bagi Hidupku” yang pada saat itu dilaksanakan di Kaliurang Yogyakarta. Sementara itu, National Conference 2016 yang mengangkat tema “Indahnya Hidup Rukun Bersama” ini dilaksanakan di Lembang Bandung. Berdasarkan pengalaman saya selama dua kali mengikuti National Conference YIPC, masing-masing National Conference selalu memberikan pelajaran dan pengalaman berbeda-beda yang tentunya sangat mengesankan.

Saya menilai bahwa National Conference 2016 memberikan kesan-kesan yang luar biasa. Banyak hal baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan ini terutama kaitannya dengan rasa kebersamaan dan kerukunan diantara para peserta meskipun kami semua memiliki latar belakang yang berbeda-beda baik agama, suku, budaya, dan lain sebagainya. Materi-materi yang disampaikan selama kegiatan berlangsung juga semakin membuka wawasan saya tentang kehidupan muslim dan kristen yang rukun sebagaimana yang telah ada di zaman awal dakwah Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kebersamaan dan kekeluargaan juga semakin terpupuk dengan adanya kegiatan sharing malam, scriptural reasoning, games-games, dan lain sebagainya.

Selain materi, National Conference 2016 juga memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menampilkan kesenian daerahnya masing-masing di setiap regional. Hal ini menjadikan saya semakin terkesan dengan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Dari regional Medan, Bandung, Jogja, serta Jawa Timur semuanya antusias dalam memberikan penampilan terbaiknya dalam acara Peacecafe yang digelar oleh Peace Generation. Kemudian saya merasa sangat terharu pada saat kegiatan pertunjukan kami ditutup dengan bersama-sama menyanyikan lagu karya Pujiono yang berjudul “Manisnya Negeriku” bertemakan keberagaman dan kerukunan. Disitu saya merasakan bahwa hidup rukun dan damai adalah sesuatu yang wajib diciptakan, dijaga, dan disebarkan kepada seluruh masyarakat. Hal penting lainnya yang saya rasakan adalah bahwa saya merasa sangat bahagia mendapatkan banyak teman baru dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki semangat yang sama untuk menyebarkan perdamaian.

Kita akan mampu menciptakan kehidupan yang rukun manakala kita mau untuk saling mengenal dan memahami setiap perbedaan yang ada. Melalui kegiatan ini, saya semakin bangga telah menjadi bagian dari YIPC. Saya berharap bahwa kedepannya akan semakin banyak orang yang bergabung dengan YIPC dan bersama-sama menyuarakan perdamaian serta menyebarkannya.

IMG_3753

Foto Bersama

IMG_3695

Scriptural Reasoning

IMG_3709

Saat sesi materi

Tinggalkan Balasan

